Sunday, March 21, 2010

Tips melindungi cymbal kesayangan dengan biaya murah.

Bicara soal drum pasti tak lepas dari berbagai aksesoris yang menyertainya satu terpenting diantaranya adalah cymbal, banyak merek cymbal beredar dipasaran saat ini yang menjadi masalahnya ada biaya perawatan "mereka" terkadang menjadi beban bagi sebagian drummer dikarenakan biaya perawatan sangat tinggi, dan kadang tidak menjamin akan keawetan atau kualitas suara yang dihasilkan setelahnya.

Berikut ini adalah beberapa tip penting perawatan cymbal, yang tentunya tidak akan membuat kantong anda berlubang :

1. Selalu simpan cymbal kesayangan ada di cymbal bag/cases. Pilihlah bag (tas) yang sesuai dengan ukuran cymbal jika memungkinkan hard cases jauh lebih menguntungkan untuk melindungi cymbal anda. zildjian cymbal case adalah terfavorit dengan harga terjangkau.

2. Selalu gunakan sarung tangan untuk mobilitas cymbal anda, sebaiknya gunakan yang bebahan dasar nylon/kain.

3. Bersihkan cymbal sehabis digunakan dengan cairan pembersih dalam hal ini adalah produk pembersih yang direkomendasikan pabrikan (sekitar Rp 80.000- Rp 100.000). Anda bisa menggunakan cairan pembersih kaca yang memiliki bahan dasar sama dengan pembersih khusus.

4. Hindari penggunaan scrubber (spon kasar) untuk membersihkan cymbal, hal itu bisa menghapus logo dan meninggalkan guratan tipis pada cymbal anda.

5. Selalu gunakan felt, washer yang memadai untuk melindungi cymbal ketika dimainkan (tidak hanya cara memukul) hal ini dapat menghindari pecahnya cymbal seketika.

6. Jika anda menggunakan soft case /bag posisikan secara vertical (tegak) jangan ditidurkan, hal berat dari cymbal akan menyebabkan cymbal menjadi "lengkung" tentu saja memengaruhi suara yang dihasilkan.


Semoga beberapa tips diatas dapat menolong anda dan menjadikan musik anda lebih indah.

Terima kasih

No comments:

Post a Comment